ROGRAM
PESANTREN KILAT KEAGAMAAN
SMK PLUS
YSB SURYALAYA
"Membentuk Karakter Siswa Berbasis Tasawuf"
PENANGGUNG JAWAB PROGRAM PESNTREN KILAT KEAGAMAAN SMK PLUS YSB PONDOK PESANTREN SURYALAYA
DASAR PEMIKIRAN
Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa. Melalui
pendidikanlah bangsa akan tegak, mampu menjaga martabat. Dalam UU No. 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, disebutkan : “Pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab”.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus YSB. sebagai bagian
dari satuan pendidikan formal di bawah naungan Yayasan Serba Bakti Pondok
Pesantren Suryalaya kini terus bertekad dan berupaya membantu pemerintah dalam
pencapaian tujuan pendidikan Nasional tersebut. Hal ini sejalan dengan Visi dan
Misi SMK itu sendiri, yaitu “menjadikan sekolah unggulan yang mandiri untuk
menghasilkan tamatan yang beriman dan bertaqwa, mampu menerapkan
pengetahuan dan keterampilan teknologi yang profesional dalam kegiatan
produktif, kreatif, inovatif dan mandiri dalam rangka menghadapi tuntutan pasar
kerja serta pasar bebas (globalisasi)”.
Upaya-upaya pembinaan dan peningkatan mutu sekolah
serta SDM tenaga kependidikan merupakan langkah strategis dalam mewujudkan pencapaian
visi, misi dan tujuan SMK Plus YSB. Suryalaya. Peningkatkan proses belajar
mengajar baik intra maupun extra, juga menjadi sangat penting untuk melahirkan peserta
didik yang berprestasi dan tamatan yang bermutu.
Gagasan terbentuknya Program Pesantren Kilat Keagamaan
bagi siswa/i SMK Plus YSB merupakan wujud kepedulian dan rasa tanggung jawab civitas
lembaga pendidikan SMK Plus YSB Suryalaya dalam mengapresisasi harapan dan amanah
para orang tua/wali murid serta masyarakat/stacholder yang kini semakin
meningkat menaruh kepercayaan untuk menitipkan para putra-putrinya belajar di
sekolah ini. Sudah barang tentu mereka para orang tua murid berharap agar putra-putrinya
kelak menjadi anak yang berguna, berilmu dan berakhlak mulia demi masa depan
yang gemilang.
Dengan demikian Pesantren Kilat sebagai salah satu
program keagamaan yang merupakan ciri has dan keunggulan SMK Plus YSB Suryalaya
sungguh menjadi penting keberadaannya sebagai langkah strategis dan solusi
alternatif dalam mewujudkan semua harapan tersebut.
Kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) secara keseluruhan esensi
pembelajarannya dikemas dan diarahkan pada peningkatan pemahaman dan pengamalan
ajaran Islam secara kaffah, penalaran dan pemahaman terhadap nas-nas al-Quran
dan al-Hadits, serta membangun siswa/i berkarakter dan berakhlaqul karimah
dengan berlandaskan ilmu ketasawufan (akhlak
sufistik).
Proses pembelajaran pada program Pesantren Kilat ini
merupakan pola pembelajaran terpadu yaitu antara sistem pendidikan formal dan
non formal kepesantrenan. Pola pembelajaran ini diharapkan menjadi embrio atau cikal
bakal yang akan dikembangkan kedepan untuk mewujudkan SMK Plus YSB sebagai salah
satu lembaga pendidikan formal di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya yang dipersiapkan
menjadi sekolah menengah kejuruan berbasis pesantren dengan sistem “Boarding
School”.
DASAR HUKUM
1. Al-Qur’an dan al-Hadits;
2. Pancasila dan UUD ’45;
3. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
4. Edaran Kemendiknas Kab. Tasikmalaya tentang peningkatan mutu pembelajaran agama di lingkungan SMK;
5. TANBIH, wasiat Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya;
6. Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pengelolaan Program SANLAT SMK Plus YSB Suryalaya;
7. Keputusan Kepala Sekolah tentang kelulusan sanlat sebagai salah satu syarat kenaikan kelas
8. Hasil kesepakatan musyawarah anatara pihak sekolah dengan orang tua/wali murid tentang kegiatan pesantren kilat SMK Plus YSB Suryalaya
VISI-MISI-TUJUAN SANLAT
VISI :
Menjadikan Sanlat Keagamaan sebagai
program unggulan SMK Plus YSB Suryalaya dalam
membentuk kepribadian siswa yang
beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, terampil dan
mandiri serta menghasilkan tamatan
yang mampu bersaing dalam dunia kerja.
MISI :
1.
Menyiapkan SMK Plus YSB sebagai
Lembaga Pendidikan Menengah berbasis pesantren.
2.
Mengembangkan pola pembelajaran
terpadu antara sistem pendidikan formal dan pendidikan non formal kepesantrenan (sistem
boarding school)
3. Mengembangkan pola pendidikan dan
pelatihan melalui kegiatan pengajian, mahtsul masail, ubudiyah dan mu’amalah
serta kegiatan riyadhoh jasmaniyah dan ruhaniyah.
TUJUAN
1.
Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Ajaran
Islam
2. Meningkatkan Kemampuan dan Kesadaran Siswa dalam
Beribadah dan Bermu’amalah ( Hablum Minallah dan Hablum Minannas )
3. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Baca Tulis
Al-Qur’an, Hifdzil Qur’an, Do’a Sehari-hari, Kaifiyat Shalat dan Dzikrullah
4.
Membangun Karakater/Kepribadian Siswa yang
Religius dan Berakhlaqul Karimah
5.
Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa
6.
Menumbuhkan Jiwa Kebersamaan, Mandiri dan
Qona’ah
7. Merintis Terwujudnya SMK Plus YSB. Sebagai
Lembaga Pendidikan Menengah Berbasis Pesantren
8. Terwujudnya Sistem “Boarding School” sebagai
Pola Pembelajaran Terpadu di Lingkungan SMK Plus YSB.
No comments:
Post a Comment