Tuesday, September 10, 2013

Dasar Pemikiran



ROGRAM PESANTREN KILAT KEAGAMAAN
SMK PLUS YSB SURYALAYA

"Membentuk Karakter Siswa Berbasis Tasawuf" 




PENANGGUNG JAWAB PROGRAM PESNTREN KILAT KEAGAMAAN SMK PLUS YSB PONDOK PESANTREN SURYALAYA

DASAR PEMIKIRAN

Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa. Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak, mampu menjaga martabat. Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, disebutkan : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus YSB. sebagai bagian dari satuan pendidikan formal di bawah naungan Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya kini terus bertekad dan berupaya membantu pemerintah dalam pencapaian tujuan pendidikan Nasional tersebut. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi SMK itu sendiri, yaitu “menjadikan sekolah unggulan yang mandiri untuk menghasilkan tamatan yang beriman dan bertaqwa, mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang profesional dalam kegiatan produktif, kreatif, inovatif dan mandiri dalam rangka menghadapi tuntutan pasar kerja serta pasar bebas (globalisasi)”.
Upaya-upaya pembinaan dan peningkatan mutu sekolah serta SDM tenaga kependidikan merupakan langkah strategis dalam mewujudkan pencapaian visi, misi dan tujuan SMK Plus YSB. Suryalaya. Peningkatkan proses belajar mengajar baik intra maupun extra, juga menjadi sangat penting untuk melahirkan peserta didik yang berprestasi dan tamatan yang bermutu.
Gagasan terbentuknya Program Pesantren Kilat Keagamaan bagi siswa/i SMK Plus YSB merupakan wujud kepedulian dan rasa tanggung jawab civitas lembaga pendidikan SMK Plus YSB Suryalaya dalam mengapresisasi harapan dan amanah para orang tua/wali murid serta masyarakat/stacholder yang kini semakin meningkat menaruh kepercayaan untuk menitipkan para putra-putrinya belajar di sekolah ini. Sudah barang tentu mereka para orang tua murid berharap agar putra-putrinya kelak menjadi anak yang berguna, berilmu dan berakhlak mulia demi masa depan yang gemilang.
Dengan demikian Pesantren Kilat sebagai salah satu program keagamaan yang merupakan ciri has dan keunggulan SMK Plus YSB Suryalaya sungguh menjadi penting keberadaannya sebagai langkah strategis dan solusi alternatif dalam mewujudkan semua harapan tersebut.
Kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) secara keseluruhan esensi pembelajarannya dikemas dan diarahkan pada peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam secara kaffah, penalaran dan pemahaman terhadap nas-nas al-Quran dan al-Hadits, serta membangun siswa/i berkarakter dan berakhlaqul karimah dengan berlandaskan  ilmu ketasawufan (akhlak sufistik).
Proses pembelajaran pada program Pesantren Kilat ini merupakan pola pembelajaran terpadu yaitu antara sistem pendidikan formal dan non formal kepesantrenan. Pola pembelajaran ini diharapkan menjadi embrio atau cikal bakal yang akan dikembangkan kedepan untuk mewujudkan SMK Plus YSB sebagai salah satu lembaga pendidikan formal di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya yang dipersiapkan menjadi sekolah menengah kejuruan berbasis pesantren dengan sistem “Boarding School”.

DASAR HUKUM 

1.     Al-Qur’an dan al-Hadits;
2.     Pancasila dan UUD ’45;
3.     UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
4.     Edaran Kemendiknas Kab. Tasikmalaya tentang peningkatan mutu pembelajaraagama di lingkungan SMK;
5.     TANBIH, wasiat Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya;
6.     Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pengelolaan Program SANLAT SMK Plus YSB Suryalaya;
7.     Keputusan Kepala Sekolah tentang kelulusan sanlat sebagai salah satu syarat kenaikan kelas
8.     Hasil kesepakatan musyawarah  anatara pihak sekolah dengan orang tua/wali murid tentang kegiatan pesantren kilat SMK Plus YSB Suryalaya 


VISI-MISI-TUJUAN SANLAT

VISI :

Menjadikan Sanlat Keagamaan sebagai program unggulan SMK Plus YSB Suryalaya dalam
membentuk kepribadian siswa yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, terampil dan
mandiri serta menghasilkan tamatan yang mampu bersaing dalam dunia kerja.

MISI :
1.     Menyiapkan SMK Plus YSB sebagai Lembaga Pendidikan Menengah berbasis pesantren.
2.     Mengembangkan pola pembelajaran terpadu antara sistem pendidikan formal dan pendidikan non formal kepesantrenan (sistem boarding school)
3.  Mengembangkan pola pendidikan dan pelatihan melalui kegiatan pengajian, mahtsul masail, ubudiyah dan mu’amalah serta kegiatan riyadhoh jasmaniyah dan ruhaniyah.
TUJUAN
1.     Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Ajaran Islam
2.  Meningkatkan Kemampuan dan Kesadaran Siswa dalam Beribadah dan Bermu’amalah ( Hablum Minallah dan Hablum Minannas )
3.    Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Baca Tulis Al-Qur’an, Hifdzil Qur’an, Do’a Sehari-hari, Kaifiyat Shalat dan Dzikrullah
4.     Membangun Karakater/Kepribadian Siswa yang Religius dan Berakhlaqul Karimah
5.     Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa
6.     Menumbuhkan Jiwa Kebersamaan, Mandiri dan Qona’ah
7.  Merintis Terwujudnya SMK Plus YSB. Sebagai Lembaga Pendidikan Menengah Berbasis Pesantren

8.    Terwujudnya Sistem “Boarding School” sebagai Pola Pembelajaran Terpadu di Lingkungan SMK Plus YSB.

No comments:

Post a Comment