Tuesday, October 1, 2013

Pengantar Laporan Sanlat


KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrohim.
Dengan keagungan dan kemulyaan asma Allah, kami panjatkan puji dan syukur kehadirat-Nya atas limpahan taufiq dan hidayah-Nya, alhamdulillah kami dapat melaksanakan program pesantren kilat keagamaan SMK Plus YSB Suryalaya tahun pelajaran 2012/2013 dalam keadaan sehat, aman dan sukses, walaupun tentu saja kami sadari masih terdapat kekurangan dan ketidak sempurnaan disana sini.
Sebagai rasa tanggung jawab kami dan seluruh jajaran tim pengelalola kegiatan sanlat atas amanah kepala sekolah yang dipercayakan kepada kami, maka kami bersama tim telah menyusun laporan pertanggung jawaban selama satu tahun periode 2012/2013.
Laporan ini berisi deskripsi tentang aneka kegiatan yang telah berlangsung selama tujuh bulan setengah mulai dari bulan Oktober 2012 sd. pertengahan Mei 2013 yang diikuti oleh 550 siswa kelas X semua jurusan dengan jumlah ustadz-ustadzah sebanyak 8 orang. 
Kegiatan sanlat ini dilaksanakan secara periodeik, bergilir setiap kelas selama 2 minggu diikuti oleh rata-rata 40 peserta didik, selama kegiatan berlangsung seluruh siswa diwajibkan menginap di Asrama. Dalam pelaksanaan KBM di Asrama, setiap kelas dibagi menjadi  2 kelompok ( rombongan belajar ), masing-masing kelompok rata-rata 20 orang peserta, hal ini dimaksudkan agar lebih evektif dan effisien serta memudahkan proses pembinaan, bimbingan dan evaluasi pembelajaran.
Kedudukan sanlat bagi siswa-siswi  merupakan salah satu syarat kenaikan kelas, hal ini berdasar pada Surat Edaran Kepala Sekolah  No. 423.4/079/SMK YSB/X/2012 Tgl. 29 Oktober 2012.
Adapun bagi lembaga pendidkan, Sanlat merupakan salah satu impelementasi dari program unggulan SMK Plus YSB sebagai ciri khas pendidkkan berbasis pesantren dengan sistem pembelajaran Boarding School.
Menurut hasil pengamatan di lapangaan dan evaluasi hasil belajar siswa selama kegiatan berlangsung menunjukkan hasil yang sangat signifikan, indikasi keberhasilan tersebut terbukti di lapangan dengan adanya perubahahan sikap dan prilaku peserta didik yang sebelumnya cenderung arogansi dan radikal, tetapi setelah mereka menikmati pendidikan Sanlat ternyata dapat dirasakan banyak perubahan dan kemajuan, perilaku siswa tumbuh berkemabang baik, tingkat kedisiplinan semakin terlihat, sikap sopan dan santun terhadap guru dan sesama teman semakin dapat dirasakan , budaya saling sapa dan memberi salam menjadi kebiasaan sehari-hari. Dapat dipastikan dengan sikap dan prilaku pelajar seperti ini tentu saja akan menciptakan suasana sekolah lebih nyaman dan kondusip.
Dilihat dari tingkat keikutsertaan dan kelulusan siswa selama Sanlat menunjukan prestasi yang amat baik yaitu  mencapai rata-rata 99,6 %. dinyatakan lulus murni. Artinya dari jumlah 552 peserta sanlat hanya 4 orang dinyatakan lulus bersyarat karena mereka belum secara tuntas mengikuti kegiatan sanlat selama 14 hari dan yang bersangkutan diwajibkan mengkodlo pada periode sanlat berikutnya.

Dengan pencapaian prestasi tersebut, program sanlat SMK Plus YSB Suryalaya sungguh patut dipertahankan dan ditindaklanjuti pada tahun-tahun ajaran berikutnya. Hal ini sangat beralasan mengingat dampak manfaat Pesantren kilat ternyata mendapat respon positif dari kalangan orang tua/wali murid yang menghendaki adanya perpanjangan waktu sanlat lebih dari 2 minggu. Disamping respon positif para orang tua, sanlat juga ternyata memacu daya tarik masyarakat pada umumnya dimana mereka berlomba-lomba mendaftarkan putra-putrinya belajar di sekolah ini, terbukti secara statistik perkembangan siswa tahun demi tahun terus mengalami peningkatan.
Dengan izin Allah, teriring do’a dari semua pihak, insyaallah program sanlat SMK Plus YSB Suryalaya tahun pelajaran 2013/2014 akan digelar dan dimulai kembali pada awal bulan September 2013.
Akhir kata, kami mengucapkan banyak terimakasih terutama kepada bapak kepala sekolah yang telah menggagas program sanlat ini dengan sungguh-sungguh serta tiada henti mensuport kami untuk terus berjuang mengawal dan memandu sanlat lebih maju, juga ucapan terimakasih kami sampaikan kepada para guru dan staf serta seluruh komponen civitas pendidikan SMK Plus YSB  yang telah membantu dan memotivasi kami untuk terus berjuang mensukseskan program ini hingga tercapai tujuan pendidikan yang sebenarnya.
Hanya kepada Allah jualah kami serahkan segalanya atas kekurangan dan kelebihan kami selama menjalan tugas dan amanah sanlat ini. Sebagai bahan perbaikan dan kemajuan Sanlat di masa mendatang  tentu dengan lapang dada kami sangat menunggu  masukan, kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak. Semoga kegiatan ini menjadi amal jariyah kita semua dan mendapat imbalan pahala yang berlipat ganda. Amin.
Khusus untuk almarhum; hadratil mukarom Pangersa Abah Anom KH. Ahmad Shahibul Wafa Tajul Arifin, ra. Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya dan Guru Mursyid kami yang senantiasa membimbing kami melalui karomah beliau dan untuk al-marhum KH. Noor Anom Mubarok, BA selaku pengemban amanah Sesepuh PPS, juga sebagai wakil talqin TQN dan yang telah berjasa menjariyahkan sebuah Asrama untuk digunakan sarana kegiatan Sanlat bagi siswa/i SMK Plus Ysb, semoga beliau senantiasa dalam rahmat dan maghfirah Allah Swt. Amin ya mujibassailin…. Al-Fatihah !
Suryalaya, 15 Juli 2013
Ketua Program Sanlat,



Drs, Ma’turidi, MSI.  

No comments:

Post a Comment